Trik menidurkan Si Kecil Pas Cuaca Panas

Orang dewasa mungkin bisa berinisiatif, tapi tidak dengan anak-anak, khususnya yang masih kecil atau bayi. Anak-anak usia ini biasanya lebih pasrah pada orang tua yang merawatnya. Kalau orang dewasa bisa memikirkan berbagai cara untuk ngademin badannya, entah itu dengan mandi air dingin, nyalain kipas angin, atau pakai selimut tipis, tapi tidak dengan anak-anak.

Masalahnya sekarang, pada kenyataan di  lapangan, orang tua pun seringkali juga blank, nggak tahu apa yang mesti mereka perbuat kalau suhu udara hari-hari itu lebih panas dari biasanya. Mereka bingung nih anak mau diapain supaya bisa tetap nyaman ya. Kalau dikipasin, entar masuk angin. Lha kalau dimandiin, entar pilek. Gimana dong? Mana nih anak rewel pula, nggak mau bobok karena kepanasan

Tenang, penyelamat sudah datang, tapi bukan Cerpen sih tokoh utamanya di sini. Cerpen cuma ngutip aja tips yang mau dikasih oleh Lucy Shrimpton dari The Sleep Nanny. Coba baca deh, siapa tahu beberapa dari 14 trik jenius berikut bisa bantu mommy untuk ninaboboin si kecil dengan nyaman.

Baju tidur mungil yang dihiasi renda-renda sih memang bisa bikin anak tetap cantik saat bobok. Tapi kalau suhu udaranya lagi panas, maka kecantikan saat tidur jelas harus dinomorduakan. Sebaliknya, pakaikan baju tidur yang adem untuk si kecil. Pilih yang bahannya katun dengan model yang nggak terlalu membungkus rapat tubuh si kecil.

Kalau si kecil tetap harus dilindungi oleh selimutpun, pilih yang katun juga karena bahan ini bisa membuat kulitnya bernafas. Soal ini mommy benar-benar nggak boleh mengabaikan, mengingat ada beberapa bayi atau anak-anak yang kehilangan nyawanya gara-gara kepanasan. Kan ngeri!

Saat siang hari, buka semua jendela dalam rumah agar angin sepoi-sepoi bisa masuk. Tapi tetap biarkan korden menutupi 2/3 bagian jendela supaya panasnya sinar matahari nggak sampai masuk rumah.
Kalau rumah kamu ada lantai 2-nya dan itu mengarah ke alam terbuka, maka buka itu supaya angin panas dalam rumah bisa berembus ke atas.

Jangan biarkan anak tidur di atas lapisan perlak langsung karena bisa membuat tubuhnya berkeringat. Sebaliknya kalau memang harus tetap memakai perlak, maka alasi itu dengan seprei katun.

Nggak ada salahnya kok kalau sebelum tidur, si kecil dimandikan pakai air hangat atau yang suhu airnya sedikit lebih dingin dari itu. Lakukan saja dengan cepat supaya ia nggak menggigil kedinginan.

Nah supaya mommy tahu berapa suhu udara dalam ruangan, pasang termometer. Ini bisa ngasih petunjuk ke mommy untuk tahu memilih bahan baju mana yang terbaik untuk si kecil, apakah yang tipis atau lebih tebal dari itu.

Letakkan sebotol besar air yang sudah dibekukan dalam kamar tidur si kecil untuk mendinginkan ruangannya.

Menyalakan kipas angin mungkin merupakan solusi yang selama ini kerap mommy gunakan. Tapi kalau suhu udara sekitarnya panas, maka ya sama saja. Udara yang ditiupkan juga tetaplah bersuhu hangat/ panas. Untuk membuat angin sejuk alami dalam kamar si kecil, tempatkan sebaskom air es atau beberapa botol air beku di depan kipas angin tadi.

Sama seperti orang dewasa yang bisa stres pas kepanasan, si kecil juga bisa. Jadi lakukan usaha-usaha yang bisa bikin si kecil tenang entah itu dengan menyekanya sesekali pakai kompres dingin atau lainnya. Soal menenangkan anak ini, Cerpen yakin deh mommy jagonya.

Kalau cuacanya lagi panas, maka si kecil pasti juga butuh lebih banyak minum, entah air atau ASI. Oleh sebab itu, jangan sampai kehabisan stok ASI ya mom. Kalau si kecil bisa minum yang dari lemari es sih bagus, biar badannya tambah segar.

Kalau posisi kamar bayi termasuk kurang sejuk, maka jangan segan memindahkan ia ke ruangan lain yang lebih adem.

Suhu udara yang panas banget mungkin membuat mommy berpikir:」ah, si kecil malam ini pakai celana aja. Kasihan kalau ia tetap pakai baju tidur, nanti kepanasan.」 No, mommy! Nggak peduli seberapa panasnya suhu udara malam itu, ingatlah bahwa temperatur bisa turun saat dini hari. Jadi jangan biarkan ia tidur hanya dengan memakai popok atau celana.

Kaki dan tangan bayi lebih dingin ketimbang tubuhnya saat diraba? Tenang ini adalah hal biasa. Kalau mommy nggak yakin dengan suhu tubuh si kecil, maka cek saja pakai termometer. Taruh alat pengukur suhu ini di punggung atau lehernya.

Karena bayi belum bisa ngomong, maka ia juga belum bisa mengutarakan apa yang ia rasakan. Oleh sebab itu mommy, jadilah peka. Kalau bahan pakaian, seprei, atau selimut  tertentu bikin mommy nggak nyaman, maka jangan gunakan itu untuk buah hati. Ingat juga kalau suhu di malam hari tiba-tiba jadi lebih dingin, mommy bisa dengan mudah menarik selimut, tapi tidak dengan si kecil. Maka dari itu, bolehlah sesekali bangun untuk meriksa keadaan si kecil, apakah ia masih terlihat nyaman atau nggak. Oke deh mom, segini dulu ya tips yang Cerpen kutip dan share kali ini. Semoga bermanfaat.

Sumber : cerpen.id 

 

Subscribe to receive free email updates: